Aneka Sumber Makanan Pelancar ASI

memperlancar asi ibu
memperlancar asi ibu
memperlancar asi

Banyak sumber makanan pelancar ASI yang bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui. Makanan-makanan ini sebaiknya rutin dikonsumsi oleh ibu menyusui agar produksi ASI melimpah serta memenuhi kebutuhan sang buah hati. Ragam makanan di bawah ini juga bisa diperoleh secara mudah serta bisa divariasikan menjadi beragam masakan agar ibu tidak merasa bosan. Konsumsi rutin akan membantu dalam melancarkan serta memperbanyak ASI untuk sang buah hati. Berikut daftar lengkapnya seperti yang ada dalam mamapapa.id.

Daftar Sumber Makanan Pelancar ASI

  1. Makanan pelancar ASI yang pertama ialah kacang almond. Kandungan kalsiumnya cukup banyak sehingga akan dapat meningkatkan kualitas ASI. Kebutuhan ASI eksklusif akan dapat tercukupi jika ibu mengonsumsi kacang almond.
  2. Kedua ada edamame. Edamame memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, asam folat, zat besi, riboflavin serta magnesium, fosfor dan juga kalium. Ibu bisa mengonsumsi 65 gram sumber makanan pelancar ASI ini tiap hari untuk memenuhi kebutuhan protein harian.
  3. Ketiga adalah pepaya, salah satu jenis buah yang terbukti dapat melancarkan serta memperbanyak ASI. Terdapat 50 persen kalium serta 33 persen vitamin lebih banyak dibanding buah jeruk dalam satu buah pepaya ukuran sedang. Konsumsi pepaya terutama akan memenuhi kebutuhan akan kalium pada ibu menyusui.
  4. Sayuran hijau juga termasuk dalam makanan yang dapat melancarkan ASI. Salah satunya ialah bayam. Dalam bayam terdapat enzim phytoestrogens yang dapat melancarkan ASI sehingga sangat baik dikonsumsi ibu menyusui.
  5. Ibu menyusui juga dapat mengonsumsi asparagus. Kandungan gizinya sangat tinggi serta bermanfaat untuk ibu menyusui. Asam folat dalam asparagus terutama baik dalam mendukung pertumbuhan bayi.
  6. Sumber makanan pelancar ASI berikutnya ialah wortel. Sayuran berwarna oranye ini tak sekedar bermanfaat bagi kesehatan mata namun juga berperan dalam melancarkan serta memperbanyak ASI.
  7. Terakhir, ibu juga dapat mengonsumsi jintan hitam atau habbatussauda. Di dalamnya terkandung asam lemak tidak jenuh serta struktur hormonal yang akan melancarkan ASI. Habbatussauda juga dapat menjaga stamina ibu.