Bagaimana IPAL Bisa Berpengaruh Terhadap Kesehatan?

Jika berbicara mengenai limbah cair, maka ini harus dikaitkan dengan masalah kesehatan. Sudah menjadi pernyataan umum bahwa yang namanya limbah, termasuk cair bila dibuang begitu saja tanpa melalui proses diolah terlebih dahulu, akan mengakibatkan pencemaran lingkungan serta masalah kesehatan.

Bagaimana IPAL Bisa Berpengaruh Terhadap Kesehatan?

Nah, untuk masalah kesehatan seperti ini, kita ambil contoh saja limbah rumah tangga. Penting untuk dicatat bahwasanya limbah cair rumah tangga termasuk limbah yang sangat berbahaya. Mengapa? Karena di dalam limbah ini terdapat mikroba patogen yang bisa membuat manusia terganggu kesehatannya, entah itu secara langsung maupun tidak langsung.

Mikroba patogen itu sendiri bisa berupa golongan bakteri seperti Bacillus, Salmonella atau Vibrio dan lain-lain, dan bisa juga berupa golongan protozoa seperti Paramaecium dan Entamoeba.

Mikroba yang terdapat pada limbah cair ini akan masuk ke dalam air dan dengan cara inilah penyakit bisa menyebar, apalagi jika air tersebut biasa digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya

Semakin banyak limbah cair yang masuk ke dalam perairan maka semakin potensial juga terjadinya penyebaran penyakit. Penyakit yang diakibatkan oleh air yang terkena limbah cair ini bisa berupa penyakit menular dan penyakit tidak menular.

Penyakit menular bisa berupa kolera, disentri, tyfus, trachoma, lepra, selaput lender, infeksi kulit, scabies, schistosomiasis, filariasis, DBD, malaria, hepatitis A, poliomyelitis dan lain-lain. Sedangkan untuk penyakit menular, ini biasanya diakibatkan oleh senyawa anorganik dalam limbah cair seperti logam berat yang sifatnya adalah beracun bagi tubuh.

Berbagai masalah kesehatan yang mengerikan tersebut bisa diminimalisir kemungkinan terjadinya apabila limbah cair diolah dengan sebaik mungkin sebelum dibuang.

Sebenarnya lingkungan sendiri sudah memiliki kemampuan alami untuk menetralkan limbah cair ini, hanya saja kemampuan tersebut memiliki keterbatasan sehingga kita sebagai manusia yang hidup harus mengupayakan kelestarian lingkungan, yang bisa memberikan dampak baik terhadap kesehatan.

Dalam hal pengolahan limbah cair ini, IPAL hadir sebagai salah satu jawaban untuk melakukannya. Sesuai dengan pengertiannya, IPAL merupakan alat teknis yang dimanfaatkan untuk mengolah limbah cair, sehingga menjadi layak untuk dibuang ke lingkungan.

Tak hanya bisa membuat limbah cair layak untuk dibuang, IPAL juga bisa membuat limbah cair ini layak untuk digunakan ulang sesuai dengan kebutuhan.