Hiu Dogfish Berduri, Hiu Yang Paling Banyak Diteliti

hiu dogfish berduriHiu Dogfish berduri adalah salah satu spesies hiu yang paling melimpah di dunia yang juga dikenal sebagai dogfish pikuk, codcark dan thorndog. Hiu Dogfish berduri adalah yang paling terkenal dari spesies dogfish dan juga dianggap sebagai spesies hiu yang paling banyak diteliti di dunia.

Hiu Dogfish berduri ditemukan di seluruh dunia di Samudra Atlantik, Hindia dan Pasifik. Dogfish berduri cenderung ditemukan di perairan pesisir yang lebih hangat meskipun tidak jarang melihat Dogfish berduri berburu di perairan sub-Antartika yang beku.

Dogfish berduri adalah hiu berukuran kecil dengan tubuh berwarna abu-abu yang memiliki bagian bawah bercahaya dan bintik-bintik putih kecil di belakang dogfish berduri. Dogfish berduri juga memiliki mata besar dan moncong pendek dan tidak seperti banyak spesies hiu lainnya, dogfish berduri memiliki dubur yang bersirip.

Fitur yang paling khas dari dogfish berduri adalah dua paku yang ditemukan di bagian belakang dogfish berduri, satu tonjolaan di depan masing-masing sirip dorsal. Paku di belakang dogfish berduri sedikit beracun dan terutama digunakan oleh mereka dalam mekanisme pertahanan. Hal ini bisa kita temukan juga pada ikan yang berada di air tawar yaitu ikan lele biasa.

Hiu Dogfish berduri adalah hewan karnivora dan karenanya bertahan hidup dengan pola makan murni berbasis daging. Ikan, cumi-cumi dan krustasea adalah makanan yang paling umum untuk dogfish berduri, tetapi dogfish berduri juga diketahui memburu gurita dan bahkan ikan hiu lainnya.

Karena ukurannya yang relatif besar, sifat agresif dan dan memiliki paku yang beracun, satu-satunya pemangsa nyata dari dogfish berduri adalah hiu yang lebih besar, manusia dan paus pembunuh yang kadang-kadang terjadi memakan mereka.

Seperti halnya beberapa spesies hiu lainnya, Hiu dogfish berduri tidak bertelur di air untuk menetas, tetapi ikan-ikan mereka menetas di dalam perut ibu mereka dan kemudian muncul ke laut terbuka. Setelah periode kehamilan yang bisa bertahan hingga 2 tahun (yang paling panjang dari vertebrata lainnya), hiu dogfish berduri betina akan menghasilkan antara 2 hingga 15 anak dogfish berduri.