Jasa Konstruksi Adalah Kontributor Terbesar

proyek-pt-pp

LABA BERSIH SEJUMLAH RP 1,72 TRILIUN

PT PP (Persero) Tbk membukukan penghasilan laba bersih sejumlah Rp 1,72 Triliun atau sukses tumbuh 50% secara year on year (yoy) dikomparasikan Rp 1,14 triliun di 2016.

Pendapatan perseroan jua tumbuh Rp 21,lima triliun di 2017. Angka ini tumbuh 31% secara year on year dikomparasikan tahun 2016 yang yang menjangkau Rp 16 triliun.

Secara segmen, jasa konstruksi adalah kontributor terbesar memakai kontribusi  sejumlah 70%, kemudian disusul sang engineering, procurement, and construction (EPC) & properti & pealti setiap sebesar 15% & 13%.

Perseroan meraih laba kotor dan laba bisnis sebesar setiap Rp tiga,25 triliun dan Rp 2,52 triliun yang menggambarkan pertumbuhan yg solid sejumlah 32% & 29% secara year-on-year. Dengan demikian, marjin laba kotor dan marjin deviden usaha setiap terjaga pada level 15% dan 12%.

“Kami bersyukur untuk Tuhan Yang Maha Kuasa dan berterima kasih pada seluruh jajaran manajemen dan karyawan serta stakeholder lainnya atas pencapaian kinerja PTPP yg solid sekitar tahun 2017,” ujar Presiden Direktur PTPP Tumiyana, Jakarta pada penjelasan resminya, Senin (12/tiga/2018).

Per 31 Desember 2017, PTPP memiliki kas dan setara kas sejumlah Rp 9,3 Triliun, total utang berbunga (interest bearing debts) sebesar Rp 8,9 triliun, ekuitas sebesar Rp 14,2 triliun & total aset sejumlah Rp 41,7 Triliun.

Tumiyanapun mengatakan, perseroan membukukan arus kas positif sebesar Rp 1,4 triliun, atau meningkat sejumlah 48% dikomparasikan samadengan Rp 986 miliar pada tahun 2016.

KURANGNYA PENGAWASAN DAN TUNTUNAN

Pimpinan Asosiasi Profesi sertifikat keahlian SKA sertifikat keterampilan SKT Ahli Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi (A2K4) Indonesia di Jakarta menduga, beton LRT yg roboh dimunculkan karena belum terpasang paripurna. Kurangnya pengawasan dan tuntunan diduga sebagai inti dari satu hal penyebab robohnya beton LRT yang menghubungkan Veldrome Rawamangun ke Kelapa Gading.

Presiden Joko Widodo memberi arahan untuk tenaga berpengalaman pekerja konstruksi ketika meresmikan Pembukaan Percepatan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Sertifikat Ketrampilan & Sertifikat Keahlian pada Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Kamis (19/10). Presiden pada arahannya mengungkapkan keyakinannya bahwa kualitas konstruksi karya energi kerja Indonesia mampu setara memakai konstruksi yang didapatkan pakar konstruksi dari Jepang dan Jerman menggunakan terus mempertinggi kualitas energi kerja konstruksi.

“Kapasitas finansial yang akbar menyerahkan PTPP peluang buat bisa berpartisipasi pada proyek-proyek yang berskala akbar, bahkan membuat proyek investasi sendiri buat menyusun recurring income untuk perseroan pada tahun-tahun mendatang,” lanjut Tumiyana.