Manfaat Memakai Hijab Syar’i

Keberadaan hijab syar’i saat ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia dan mulai populer. Hijab yang dikatakan syar’i adalah yang bentuknya lebar, menutupi bagian dada bahkan hampir ke pinggul. Dengan mengenakan hijab yang demikian tentu aurat lebih terjaga. Jilbab ini biasanya dipadukan juga dengan model gamis atau baju syar’i agar lebih cocok. Jika tidak dengan menggunakan gamis, biasanya baju atasan roknya juga dengan model yang lebar sehingga masih terlihat senada. Yang terpenting adalah tetap menutup aurat.

Mengapa Harus Memakai Jilbab Syar’i?

Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika memakai jilbab yang syar’i. Dengan demikian, toko yang jual hijab saat ini banyak yang menjual hijab dengan model tersebut. Selain karena manfaatnya, jilbab syar’i juga saat ini menjadi tren. Berikut beberapa manfaat dengan memakai jilbab syar’i.

  1. Berjilbab sebagai bentuk menaati agama

Sebagai orang islam, jilbab adalah hal yang penting dan wajib dikenakan oleh seorang muslimah. Dengan menggunakan jilbab, berarti kita sudah mematuhi dan menaati agama dan kewajiban kepada Allah SWT. Dengan demikian, hal ini bisa menjadi salah satu jalan untuk lebih dekat dengan sang pencipta.

  1. Untuk menutup aurat

Manfaat lainnya yang sudah sering diketahui yaitu untuk menutup aurat. Jilbab syar’i adalah salah satu jilbab yang memenuhi kategori karena bentuknya yang panjang dan menutupi bagian- bagian dada bahkan hingga pantat. Bagi, seorang muslimah semua itu adalah bagian dari aurat. Dengan menutup aurat dengan baik, maka hal ini menjadi jalan kebaikan dan pahala untuk kita.

  1. Lebih mawas diri dalam bersikap

Berjilbab tentu tidak hanya menjadi cerminan fisik saja. Namun yang paling diharapkan adalah bagaimana jilbab tersebut mempengaruhi sikap kita sehari- hari. Dengan menggunakan jilbab syar’i, maka hal ini akan menjadi pengingat untuk kita bahwa kita taat terhadap perintah Allah. Hal ini tentu akan memberikan dampak yang positif pada sikap kita dalam keseharian, kita akan lebih menjaga diri dan berhati- hati dalam bersikap.

  1. Menghindarkan dari godaan lawan jenis

Manfaat lain yang bisa diperoleh yaitu bisa terhindar dari godaan lawan jenis. Menutup aurat dengan maksimal bisa menjadikan lawan jenis sungkan untuk menggoda. Hal ini dikarenakan tidak ada bagian tubuh atau lekuk tubuh yang terlihat. Hal yang demikian biasanya menjadi pemicu lawan jenis untuk menggoda.

  1. Melindungi dari sinar matahari secara langsung

Selain manfaat di atas, manfaat lain menggunakan jilbab syar’i adalah untuk kesehatan, salah satunya yaitu melindungi diri dari sengatan sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari secara langsung memberikan efek negatif terhadap kulit dan rambut. Rambut akan cepat kering dan rusak jika terlalu sering dan langsung terkena sinar matahari.  Dengan demikian, secara tidak langsung hal ini akan menjadikan rambut lebih terpelihara keindahan dan kesehatannya. Tidak hanya itu, jilbab syar’i dan pakaian muslim syar’i yang longgar menjadikan badan lebih terlindungi daripada memakai pakaian ketat. Pakaian ketat juga memicu terjadinya kanker kulit.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan memakai hijab syar’i. Memakai hijab yang demikian juga bukan berarti tidak modern, pasalnya saat ini banyak toko yang jual hijab syar’i dengan model yang bagus dan beragam. Jadi, hal ini tidak akan menjadikan kita tidak modis dan kuno, malah sebaliknya. Kita akan lebih terlihat modern, elegan, santun dan aurat tertutup dengan baik. Terlebih jika hal ini dipadukan dengan gamis syar’i, maka penampilan akan semakin elegan.