Syarat Menyembelih Hewan Aqiqah dalam Islam

Syarat Menyembelih Hewan Aqiqah dalam Islam

Syarat menyembelih hewan aqiqah dalam Islam adalah membaca niat dan doa sesuai anjuran Nabi. Niat dan doa memotong hewan aqiqah harus diucapkan dan diamalkan dengan baik dan benar sesuai Sunnah Nabi Muhammad. Tujuannya untuk memperlancar jalannya aqiqah bagi putra putri kesayangan. Di dalam Islam, tentunya telah dijelaskan mengenai tata cara serta proses penyembelihan hewan yang sesuai hadits dan Al Quran. Hewan yang akan disembelih tentunya tidak dilakukan secara asal. Bila penyembelihannya tidak mengikuti syariat dan tidak disembelih atas nama Allah maka dagingnya haram untuk dikonsumsi. Maka dari itu, sebagai seorang muslim wajib hukumnya untuk melaksanakannya sesuai dengan syariat ketika hendak menyembelih hewan.

Persiapan acara aqiqah

Ketika akan melaksanakan acara aqiqahan,  umumnya sang orang tua akan mencarikan kambing aqiqah. Pada umumnya, ketika akan menyembelih hewan cukup dengan mengucap basmalah saja. Maka, penyembelihan yang dilakukan itu secara Islam telah sah. Daging yang disembelih tersebut tentu akan menjadi halal ketika dikonsumsi. Namun, akan lebih baik jika kita sebagai muslim juga mengikuti sunnah Rasulullah dengan membaca doa menyembelih hewan secara khusus.

Syarat Menyembelih Hewan Aqiqah dalam Islam

Gambar ilustrasi Syarat Menyembelih Hewan Aqiqah dalam Islam

Tujuan Doa Memotong Hewan Aqiqah

Bagi anda yang belum mengetahui bacaan niat dan doa memotong hewan aqiqah, berikut di bawah ini juga dijelaskan doa-doa memotong hewan untuk berbagai keperluan. Banyak doa yang diamalkan untuk menyembelih hewan. Hal ini dilakukan tergantung untuk berbagai keperluan dari daging hewan tersebut yang akan disembelih. Ada doa yang digunakan untuk menyembelih hewan sebagai konsumsi, sebagai hewan qurban, dan yang akan dibahas kali ini adalah untuk keperluan aqiqah. Namun sebelum mengetahui bagaimana doa yang dipakai untuk menyembelih hewan aqiqah ada baiknya kita ulas satu persatu doa-doa yang digunakan untuk menyembelih hewan.

Contoh Doa menyembelih hewan aqiqah

Bila anda ingin menyembelih hewan untuk keperluan aqiqah, yakni seekor kambing yang akan disembelih untuk anak yang baru lahir. Maka doa memotong hewan aqiqah yang dibacapun juga harus berbeda. Berikut ini adalah lafal doa untuk menyembelih hewan aqiqah sebagai berikut.

Bismillahi Allahu Akbar. Allaahuma minka wa laka, haadzihi ‘aqiiqotu fulaan. Artinya Dengan nama Allah, Allah Yang Maha Besar. Ya Allah, ini dari-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah aqiqah untuk si fulan.

Itulah syarat menyembelih hewan aqiqah yang perlu anda ketahui. Baca juga ulasan kami tentang tips awet muda.Semoga bermanfaat.